Cari Blog Ini

Kamis, 11 Maret 2010

Batu yang menangis karena takut pada allah

Allah swt menyampaikan wahyu kepada nabi musa as,"wahai musa, keindahan di sisi-ku sebagaimana zuhud dalam kehidupan dunia. tiada sarana untuk mendekatkan diri pada-ku sebagaimana berhati-hati (dalam) menjalankan(wara')lantaran kepada ku. dan tiada ibadah sebagaimana menangis karna takut padaku."
nabi musa bertanya,"pahala akan kau berikan kepada mereka atas perbuatan-perbuatan ini?"
Allah swt berfirman,"aku menganugrahkan surga bagi orang-orang yang hidup zuhud di dunia.aku akan memberikan surga kepada ahli wara'(berhati hati dalam menjalankan agama)yang tiada menyaingi mereka. dan orang-orang yang menangis karena takut padaku tidak akan mendapatkan pahala seperti orang lain, karna perbuatan ini(menangis) membuatku senang."
rosulullah saw bersabda,"wahai ali berusahalah menangis semampumu lantaran takut pada allah,karena balasan bagi setiap tetesan air mata (adalah) para malaikat akan membangunkan sebuah rumah untukmu di surga."
imam ali berkata,"pabila tangisan menguasai suatu kaum,maka allah akan menurunkan rahmat kepada umat tersebut lantaran tangisannya."
dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa salah seorang nabi,ketika melewati jalan,dia melihat sebuah batu kecil yang mengeluahkan banyak air. dia pun heran dan memohon kepada allah untuk bicara dengan batu tersebut.
nabi itu bertanya,"dengan ukuran mu yang kecil ini,bagaimana keluar air yang melimpah dirimu?"
batu itu menjawab,"(aliran air yang melimpah ini) disebabkan rasa takutku pada allah. sebab,aku mendengar allah berfirman:api neraka yang bahan bakarnya manusia-manusia dan batu-batu . (altahrim:5)oleh karena itu, aku takut akan termasuk di antara batu-batu (neraka)tersebut.
kemudian, nabi itu memohon pada allah agar tidak menjadikan batu kecil itu sebagai bahan bakar neraka. allah mengabulkan permintaan nabi itu dan memberikan pahala kepada batu itu. nabi itu lalau pergi.
setelah beberapa masa, dalam pejalanan pulang, nabi melihat batu kecil itu menangis lagi . nabi itu betanya,"mengapa engkau menangis, padahal allah sudah memberikan rasa aman padamu?"
batu kecil itu menjawab,"tangisan sebelumnya tangis karena takut kepada allah. adapun ini, tangisan kerinduan."

1 komentar: